Kamis, 16 Agustus 2012

MUDIK DAN TUJUAN TERSEMBUNYI

Mudik adalah kegiatan fenomenal yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mudik sebenarnya mempunyai tujuan yang baik. akan tetapi mudik juga mempunyai misi tersembunyi bagi kebanyakan orang. (tidak semua orang).
Beberapa maksud tersembunyi yang ada pada kegiatan mudik ini misalnya :
  • Mudik itu adalah salah satu cara kita pamer kekayaan. Entah itu kaya yang benar-benar atau kaya yang hanya kayaknya saja. Ada orang mudik yang bawa mobil, padahal mobilnya cuman rentalan, tapi dibilang itu mobilnya. Lalu supaya dibilang kaya, langsung beli ini beli itu, padahal uang itu dari pinjeman sama KSP SIP, atau apalah dari kota. Atau yang lebih pinter buat beli perhiasan terus setelah balik ke kota ya tinggal dijual lagi buat bayar pinjeman tadi.
  • Mudik adalah ajang kita pamer kenalan. Wah aku dijakarta kenal artis ini, kenal artis itu. Kenal orang desa sebelah, kenal siapapun yang membuat seseorang diakui bahwa di kota dia punya banyak kolega dan kenalan.
  • Mudik adalah ajang pamer mode. Wah pakaian ini di kota palin gaul, paling keren, pkoknya top markotop. Yang bahkan terkadang dari segi kepatutan sangat tidak patut. Yang parah terkadang malah bisa jadi salah kostum. Piknik bareng-bareng ke pantai pake sweater, begitu maen ke puncak malah pakai tanktop. Udah gitu pede banget lagi.
  • Mudik adalah ajang pamer komunitas. Aq komunitas perantauan jakarta, aku bandung, aku surabaya, lalu mereka menjadi komunitas perantauan yang seringkali menganggap remeh dan menyepelekan kemampuan dan pengetahuan orang yang tidak merantau.
  • Mudik adalah ajang adu gengsi antar perantau. Saling pamer yang dilakukan adalah untuk meningkatkan gengsi diri perantau.
Jadi dapat pula disimpulkan bahwa, mudik adalah sebuah kegiatan pulang kampung berjamaah, yang selain bertujuan untuk bersilaturakhim, mempunyai tujuan yang lebih utama yaitu sebagai ajang pameran kepada orang yang tidak merantau, serta adu gengsi sesama perantau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar